Hasil EURO 2020: Menang atas Makedonia Utara, Ukraina Jaga Asa ke Babak 16 Besar - LIGA1.ID

Hasil EURO 2020: Menang atas Makedonia Utara, Ukraina Jaga Asa ke Babak 16 Besar

Hasil Ukraina vs Makedonia Utara di laga kedua grup C Euro 2020 ditutup dengan skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina, Kamis (17/6) malam WIB.
Timnas Ukraina

Hasil Ukraina vs Makedonia Utara di laga kedua grup C Euro 2020 ditutup dengan skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina, Kamis (17/6) malam WIB.

Bermain di Arena Nationala, Ukraina yang membutuhkan kemenangan langsung menekan Makedonia Utara sejak menit awal. Hasilnya Yarmolenko mencetak gol di menit ke 29. Gol tersebut rupanya membuat asuhan Andriy Shevchenko semakin bersemangat. Alhasil, lima menit kemudian Yaremchuk mampu menggetarkan gawang Stole Dimitrievski.

Makedonia Utara yang tertinggal dua gol berusaha bangkit dan menit ke 39 Goran Pandev mampu mencetak gol. Sayangnya, hakim garis menilai ia sudah terjebak offiside. Hingga babak pertama selesai hasil Ukraina vs Makedonia Utara berakhir 2-0 untuk keunggulan Yellow Blue. Selain itu, unggul penguasaan bola 61:36 dengan tembakan tepat sasaran 4 kali.

Usai turun minum, Makedonia mendominasi permainan. Alhasil, mereka mendapatkan hadiah penalti di menit ke 57. Ezgjan Alioski yang maju sebagai eksekutor awalnya gagal lantaran mampu ditepis oleh kiper Ukraina, namun ia dengan cepat memanfaatkan kembali bola tepisan.

Ukraina di menit akhir sejatinya bisa menambah keunggulan dari titik putih, tetapi Ruslan Malinovsky yang menjadi algojo gagal menjalankan tugasnya. Hingga laga usai hasil Ukraina vs Makedonia Utara ditutup 2-1.

Dengan kemenangan ini, Ukraina menjaga peluang untuk ke babak 16 besar Euro 2020. Sedangkan bagi Makedonia membuat mereka harus puas di dasar klasemen grup C dengan menelan dua kekalahan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Di menit awal Ukraina sudah memberikan ancaman lewat Ruslan Malinovsky dan umpan yang diberikan ke Roman Yaremchuk mampu digagalkan pemain Makedonia. Ruslan Malinovsky kembali melepaskan tendangan ke arah gawang dari sisi kanan dan Stole Dimitrievski berhasil menepis tembakan pemain yang berkarier di Liga Italia bersama Atalanta tersebut.

Sampai menit ke 12 Ukraina masih memberikan tekanan ke pertahanan Makedonia Utara. Sempat ditekan, Makedonia Utara sesekali memberikan ancaman tetapi belum membahayakan gawang Ukraina. Setelah itu, Ukraina terus melancarkan serangan dari sisi kanan dan kiri untuk mencetak gol. Namun, para pemain Makedonia Utara masih bisa menghalau gempuran tim asuhan Andriy Shevchenko.

Ruslan Malinovsky mengirimkan umpan mendatar ke Andriy Yarmolenko dan sang kapten gagal memanfaatkan peluang tersebut dengan baik. Kendati demikian, tepisan kiper Makedonia menghasilkan sepak pojok. Hasilnya Yarmolenko kali ini mampu memanfaatkan umpan yang diberikan Alexander Karavaev dengan melepaskan tendangan mendatar yang sulit diantisipasi Stole Dimitrievski. Skor pun 1-0 di menit ke 29.

Lima menit kemudian Ukraina menggandakan keunggulan berawal serangan dari sisi kanan yang dibangun oleh Yarmolenko sang pemain langsung mengirimkan operan mendatar ke Roman Yaremchuk yang berlari ke area kotak penalti. Umpan matang itu pun diselesaikan dengan baik oleh sang pemain lewat kaki kanannya. Skor 2-0 di menit ke 34.

Makedonia Utara yang tertinggal dua gol bukannya tidak bisa mencetak gol. Di menit ke 39 Goran Pandev berhasil mencatatkan namanya di papan skor, tetapi hakim garis menilai ia sudah terjebak offside. Sehingga gawang Ukraina masih aman. Jelang turun minum tempo permainan kedua tim menurun. Hingga wasit meniupkan peluit berakhirnya babak pertama hasil Ukraina vs Makedonia Utara di Euro 2020 ditutup 2-0 untuk keunggulan Ukraina.

Babak Kedua

Makedonia Utara yang tertinggal dua gol langsung memberikan tekanan melalui tembakan Arijan Ademi dan tendangan sang pemain masih mampu ditepis dengan baik oleh George Buschan. Menit ke 51 Ruslan Malinovsky melepaskan tendangan bebas dari sisi kanan dan tendangan melengkung yang mengarah ke gawang masih bisa ditepis oleh Stole Dimitrievski.

Berikutnya Makedonia kembali memberikan ancaman dan mendapatkan hadiah penalti usai Pandev dilanggar di kotak terlarang. Ezgjan Alioski yang menjadi eksekutor awalnya sempat gagal lantaran tembakannya mampu ditepis oleh kiper Ukraina, namun pemain sepak bola yang berkarier di Liga Inggris dengan Leeds United mampu dengan cepat memanfaatkan bola muntahan sang kiper dengan mengarahkan bola ke gawang lagi. Skor 2-1 di menit ke 57.

Selepas gol tersebut, giliran Makedonia Utara yang mendominasi permainan hingga membuat para pemain Ukraina mundur untuk membantu pertahanan. Sempat ditekan, Ukraina mampu keluar menyerang lagi dan memiliki peluang dari Ruslan Malinovsky menit ke 66 dengan melepaskan tendangan keras tetapi masih bisa ditepis kiper Makedonia.

Selanjutnya giliran Makedonia Utara yang punya peluang lewat Aleksandar Trajkovski di mana pemain pengganti itu melakukan percobaan tendangan jarak jauh, namun masih bisa dihalau dengan baik oleh George Buschan. Sampai menit ke 70 belum ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim.

Menit ke 81, Ukraina mendapatkan tendangan bebas dan Ruslan Malinovsky langsung mengarahkan bola ke arah gawang. Sayangnya, peluang itu belum bisa menambah keunggulan.

Namun, VAR setelah itu memberikan hadiah penalti untuk Ukraina lantaran saat melakukan tendangan bebas mengenai salah satu pemain Makedonia dengan menyentuh tangan. Hasilnya wasit langsung menunjuk titik putih. Ruslan Malinovsky yang mengambil tendangan penalti gagal menjalankan tugasnya karena mampu ditepis oleh kiper Makedonia Utara.

Hingga laga usai tidak ada gol tambahan tercipta. Hasil Ukraina vs Makedonia Utara di Euro 2020 ditutup 2-1 untuk kemenangan Yellow Blue.

Susunan Pemain Ukraina vs Makedonia Utara

Ukraina (4-3-3) George Buschan, Alexander Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko, Vitalii Mykolenko, Mykola Shaparenko, Taras Stepanenko, Oleksandr Zinchenko,Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Ruslan Malinovsky.

Makedonia Utara ( 3-4-1-2) Stole Dimitrievski, Stefan Ristovski, Darko Velkovski, Visar Musliu, Boban Nikolov, Arijan Ademi, Stefan Spirovski, Ezgjan Alioski, Enis Bardhi, Goran Pandev, Eljif Elmas.

Sumber: gilabola.com