Stekelenburg & Gravenberch Jadi Beda Generasi Terjauh Dalam Satu Tim Sepanjang Sejarah Kejuaraan Eropa - LIGA1.ID

Stekelenburg & Gravenberch Jadi Beda Generasi Terjauh Dalam Satu Tim Sepanjang Sejarah Kejuaraan Eropa

Ada fakta menarik dalam kemenangan Belanda atas Austria di laga lanjutan fase grup C pada Jumat (18/6) dini hari WIB tadi.
Timnas Belanda

Ada fakta menarik dalam kemenangan Belanda atas Austria di laga lanjutan fase grup C pada Jumat (18/6) dini hari WIB tadi, saat gelandang bertahan muda yang lagi naik daun Ryan Gravenberch (19 tahun) masuk sebagai pemain pengganti.

Sementara di starting XI sebelumnya, manajer Frank de Boer sudah menurunkan pemain tertua di timnya, yaitu kiper Maarten Stekelenburg (38 tahun) sebagai starter di bawah mistar setelah sebelumnya dia juga tampil dalam kemenangan 3-2 atas Ukraina di laga pembuka.

Nah perbedaan usia 19 tahun & 236 hari antara Maarten Stekelenburg (38 tahun 268 hari) & Ryan Gravenberch (19 tahun 32 hari) kini menjadi sejarah di turnamen ini dengan keduanya memiliki perbedaan usia terbesar antara dua rekan satu tim dalam pertandingan Kejuaraan Eropa.

Selain soal usia, Belanda juga mencatatkan rekor lain usai kemenangan 2-0 mereka atas Austria di laga kedua fase grup C yang mereka menangkan berkat gol penalti Memphis Depay dan gol Denzel Dumfries selama pertandingan di Amsterdam ArenA.

Berkat kemenangan itu, Belanda kini telah memenangkan tujuh pertandingan terakhir mereka melawan Austria, satu-satunya starter untuk Belanda yang sudah lahir ketika mereka terakhir kehilangan poin kontra Austria (Mei 1990, kalah 3-2) adalah Maarten Stekelenburg dan Daley Blind.

Dengan dua kemenangan di dua laga perdana fase grup C, Belanda kini berhak duduk di puncak klasemen dengan enam poin, disusul Ukraina dan Austria dengan masing-masing tiga poin. Jadi skuad asuhan Frank de Boer sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar karena kedua tim itu harus saling bertarung di laga terakhir.

Tugas tersisa Oranje hanyalah memastikan untuk tetap mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen dan satu poin melawan tim dasar klasemen Makedonia Utara (0 poin) akan cukup bagi mereka untuk mendapatkan keuntungan lebih baik di undian babak 16 besar.

Sumber: gilabola.com